Sangar Origami Indonesia - Maya Hirai

Origami merupakan seni meipat kertas dari Jepang yang mendunia. Salah seorang anggota Fahima yaitu mba Maya mempelajari origami ketika berkesempatan tinggal di Jepang. Dan saat ini telah berhasil mendirikan Sanggar Origami Indonesia - Maya Hirai yang aktif mempromosikan keterampilan origami di Indonesia.

Berikut ini wawancaraFahima dengan Maya Hirai seputar Origami dan Sanggar Origami Indonesia:

Apa motivasi mba Maya mempelajari origami saat tinggal di Jepang?
Belajar, dari tidak tau ingin menjadi tau

Bagaimana pengalaman saat mempelajari origami?

- Sikap orang jepang terutama sensei origami:
Beliau bersikap terbuka dan tulus, lebih banyak memotivasi antara lain dengan baiknya hubungan kami sering kali kami jalan bareng ke tempat yang ada kaitannya dg Origami, sebetulnya lebih tepatnya hubungan kami adalah teman tapi untuk penghormatanku padanya saya mengangkatnya dan menyebutnya ‚ÄėSensei‚Äô. Namun memang demikianlah awal kebersamaan kami, beliau sebagai pengajar Origami dalam Kelas Origami yang diadakan departement Internasional Student Toyohashi Univ. Of Technology Japan. Bila kemudian Saya dan beliau dapat berinteraksi adalah karunia Allah SWT semata, karena walaupun dalam Kelas Origami tersebut kami bersama namun saya dan beliau sama2 tidak menyadari bahwa saat itu kami ada bersama. Sehari persis setelah Kelas Origami itu secara kebetulan saya lewat di depan rumahnya dengan berjalan kaki, dan beliau menyapa ramah karena melihat bahwa saya adalah orang asing. Dari sanalah interaksi dimulai. Rumah beliau yang ternyata searah dengan tempat tinggalku ketika di perumahan Shiroyama Toyohashi sangat mendukung hubungan kami berikutnya. Seringkali beliau mengajakku jalan atau sekedar mengundang kerumahnya untuk minum kopi, ngobrol sambil sharing Origami. Namun berikutnya beliau menyediakan waktu rutin tiap jum‚Äôat untuk beneran berorigami dan tetap dalam suasana santai.

- Bagaimana  mencari bahan-bahan utk mempelajari origami ( kertas dan buku ):
Awalnya saya mengandalkan source origami full dari internet baik materi diagram Origami maupun pengetahuan Origami secara umum dalam lingkup dunia. Banyak sekali site origami yang saya buka hingga saya banyak mengenal nama-nama origamer di dunia dengan karya-karyanya yang dimuat dalam sitenya itu. Tidak jarang banyak page tersebut terlewati untuk disave saking menakjubkannya mengetahui eksistensi origami di berbagai belahan dunia. Kemudian suami selalu mengingatkan untuk selalu mensave tiap page yang dibuka.

Buku Origami
Buku-buku Origami yang dijual bebas di toko buku Jepang kemudian mulai dikoleksi dan ini lebih banyak atas prakarsa suami sebagai penunjang dana. Beliau selalu mengajakku untuk hunting buku Origami di toko-toko buku dalam kota. Sedangkan saya sendiri sebetulnya hampir jarang minta kecuali ada satu dua buku yang betul-betul minta karena ingin memiliki, yaitu hand book origaminya Rick Beech seharga 3000 yen dan salah satu bukunya Kazuo Kobayashi keduanya begitu lux dan inspiratif.
Disamping itu Saya juga berlangganan majalah Origami yang dikeluarkan NOA ‚Äďasosiasi origami di Jepang yang dari sanalah kemudian saya mendapat sertifikat Origami.
Intinya semua jalan menuju Origami saya dan suami (ikut minat-malah lebih heboh) tidak melewatkan begitu saja untuk dilewati, termasuk kesempatan mengunjungi museum Origami.

- Metode pelajaran yang diberikan oleh para pengajar ( apakah melihat contoh dari sensei lalu mencoba sendiri kemudian berlatih? )
Hirai san, kawan Origami saya yang kemudian kuanggap sensei itu tidak menggunakan metoda khusus dalam mengajarkan model-model origami. Kemampuan Origaminya menurut saya natural saja, karena turun menurun. Beliau tidak mempunyai background pendidikan khusus menjadi instruktur, namun saya tau dia adalah seorang ’guru’, karya lipatnya banyak dan variatif serta perhatian terhadap origami telah berlangsung lama hingga usianya yang ke-68 kini. Kalaupun kuanggap beliau telah mengajari saya adalah pengajaran dengan metoda POD (pendidikan Orang Dewasa) yang bersifat mandiri dan memotivasi. Dan inilah pelajaran berharga yang mungkin tidak diajarkan oleh pengajar yang bersetifikat instruktur sekalipun.

Bagaimana beliau mengajari satu model origami pd saya? Dengan memerintahkannya membaca diagram sendiri kemudian bila ada kesulitan melanjutkan tahap baru beliau membantu memecahkannya. Mungkin pengajar Origami lain mengajarkan dengan cara yang berbeda sehingga anak didik yang dihasilkannyapun berbeda pula. Saya lihat ada kawan saya dari lain pengajar di kota lain ketika di Jepang, karya lipatnya jauh lebih canggih dari yang sensei saya ajarkan atau sejauh yang telah saya buat sendiri sekalipun dalam waktu yang sama (kurang lebih). Sedangkan pemahaman Origamiku kutemukan ketika mempelajari origami secara mandiri dari banyak sumber termasuk dari cara yang diajarkan senseiku itu.
Pada dasarnya Origami dapat dipelajari secara mandiri karena akhirnya kemampuan Origami seseorang dapat diukur dari jumlah jam terbangnya dalam beraktifitas Origami. Namun variable pendukung lain sangat perlu untuk menstimulus kemampuan Origami seseorang, termasuk adanya guru dan komunitas origami.

- Biaya belajar origami
Seperti yang saya katakan tadi bahwa Hirai san bagi saya adalah kawan dalam berorigami yang saya angkat menjadi sensei jadi suasana yang ada adalah situasi berorigami bersama. Adakalanya satu diagram origami yang belum beliau pelajari kami memecahkannya bersama dalam satu kesempatan hingga menjadi sebuah model Origami. Jadi Biaya khusus untuk beliau hampir tidak ada kecuali dana untuk memfotokopi diagram dari buku origami milik beliau. Namun ‚ÄĚBiaya‚ÄĚ yang telah dikeluarkan untuk belajar Origami selama di Jepang dulu benar-benar sudah tidak dapat dirinci lagi karena belajar Origami bagi saya waktu itu adalah satu kebutuhan, berapapun yang dibutuhkan dalam rangka belajar Origami selalu diusahakan dipenuhi, termasuk proses belajar juga lho dimana website sanggar-origami dot com bisa eksis di dunia maya.
Alhamdulillah Suami dengan idzin Allah SWT mendukung penuh untuk ini, tanpa pernah saya minta sedikitpun.

Apakah ada syarat-syarat tertentu dalam mempelajari origami?
Dalam mempelajari apapun syarat ‚ÄĚkemauan‚ÄĚ adalah kuncinya, karena setelah ada kemauan pasti ada jalan! Selanjutnya adalah ‚ÄĚmerasa butuh‚ÄĚ, karena inilah motivasi yang akan mendorong seseorang untuk bergerak berusaha mencapai apa yang dimaui. Sedangkan syarat tertentu dalam mempelajari Origami menurut saya adalah Kenali dasar-dasar Origami karena dari situlah kesukaan pada Origami akan muncul yang akan menuntun seseorang ingin melanjutkan berinteraksi dengan origami atau berhenti dan melupakan. Sedangkan pendukung penting lain adalah kesediaan materi Origami berupa kertas Origami dan Model Origami dalam bentuk diagram-diagram baik dari buku atau sumber lain serta perinteraksian dengan komunitas yang mendukung.

Apakah di pelajaran origami ada tingkatan keahlian?
Ya Ada, Basic, Intermediate dan advace

Apakah setelah menguasai pelajaran origami ada sejenis ujian dan sertifikasi?
Asosiasi Origami biasanya mengeluarkan Sertifikasi melalui ujian model-model Origami yang telah ditentukan. Sertifikasi yang dikeluarkan bermacam-macam tergantung kebutuhan dan capability peserta ujian serta asosiasi yang mengeluarkan, misalnya sertifikasi untuk instruktur Origami tentu materi ujiannya berbeda dengan sertifikasi untuk non instruktur.

Bisa menceritakan tentang organisasi origami yang ada di Jepang atau luar negeri termasuk Indonesia?
Origami berasal dari luar tanah air dalam hal ini Jepang, oleh karena itu perkumpulan origami di Jepang khususnya dan negara-negara maju yang telah bersentuhan dg origami berikutnya sudah berdiri dan ada sejak lama. Perkumpulan Origami menjadi sebuah kemestian bila berharap seni ini berkembang dan manfaatnya dapat diketahui, lebih jauhnya dinikmati oleh masyarakatnya.

Apakah motivasi mendirikan sanggar origami setelah pulang ke Indonesia?

Visi  Sanggar Origami Indonesia
Menjadi wahana pengajaran dan pengembangan Origami di Indonesia serta menjadi tempat bertemu para pelipat kertas di Indonesia

Misi  Sanggar Origami Indonesia
1. Memasyarakatkan origami atau seni melipat kertas dari Jepang sebagai bagian dari pembangunan kreatifitas dan kebudayaan.
2. Menjadikan origami sebagai alternatif kegiatan keluarga dan masyarakat khususnya anak-anak untuk bermain sambil berkreasi dan berkarya.
3. Melatih dan mengajarkan origami sebagai alternatif bermain yang murah dan terjangkau bagi anak-anak Indonesia.
4. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya khususnya seni melipat kertas.
5. Memberikan sarana untuk bertemu dan berkarya bersama bagi para pelipat kertas, peminat dan pecinta origami di Indonesia.

Membangun budaya dalam arti lain membangun peradaban, berharap usaha ini merupakan kontribusi kecil dalam rangka ikut membangun peradaban bangsa.

Apakan kegiatan sanggar origami yang terbaru?
Kegiatan yang baru saja dilaksanakan adalah Pameran dan Workshop Origami 29-30 April 2006 lalu di Bandung.

Ttg pameran dan workshop yg diadakan tgl 29-30 april lalu:
- apakah tujuan/konsep dari workshop tersebut?
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Memasyarakatkan origami atau seni melipat kertas dari Jepang sebagai bagian dari pembangunan kreatifitas dan kebudayaan di Bandung khususnya.
2. Sebagai alternatif kegiatan keluarga khususnya anak-anak untuk bermain sambil berkreasi dan berkarya.
3.  Melatih dan mengajarkan model serta memberikan alternatif peluang atau gagasan bagi usaha kecil menengah (UKM) untuk membuat produk mengingat sebagian model origami dapat digunakan untuk produk komersial dan bermanfaat bagi kehidupan.
4. Meningkatkan apresiasi masyarakat Bandung terhadap seni dan budaya khususnya seni melipat kertas.
5. Memberikan sarana untuk bertemu dan berkarya bersama bagi para peminat dan pecinta origami di Indonesia pada umumnya dan di Bandung pada khususnya.

- berapa jumlah pesertanya? apakah sesuai target?
Peserta Workshop (plus pra workshop yang diadakan sedianya untuk calon asisten di Workshop) adalah kurang dari 100 orang merupakan jumlah peserta diluar target yang direncanakan, namun sebetulnya ini menjadi diatas target yang diperkirakan, artinya bila saya mengatakan tidak sesuai target adalah karena semula akan bekerjasama dengan satu institusi yang memiliki audiens yang butuh akan Origami sehingga pelaksana memperkirakan akan sarat peserta, namun karena masalah teknis dan kesempatan akhirnya kerjasama dengan institusi semula tidak terlaksana. Sehingga ketika kerjasama dengan fihak lain, target sukses Pameran beserta pengunjungnya tercapai namun sisi target peserta Workshop tidak terpenuhi. Hal ini menunjukkan secara umum masyarakat Bandung khususnya belum merasakan kebutuhan akan kemampuan berorigami. Namun sasaran utama acara tercapai yaitu memberikan input tentang Origami secara umum kepada masyarakat Bandung melalui salah satu media cetak lokal. Dengan salah satu media cetak lokal inilah akhirnya sanggar origami Indonesia berkolaborasi termasuk para pengunjung yang hadir di Pameran adalah audiens mereka.

-Bagaimana jalannya acara pameran dan workshop?
Pengunjung Pameran umumnya terlihat takjub melihat keanekaragaman model Origami yang dapat dibuat. Sedangkan Peserta Workshop umumnya ingin ada follow up dari acara yang diadakan sanggar origami Indonesia lalu.
-Bagaimana dengan liputan dari TV atau media massa thd acara tersebut?
Dari Stasion TV tidak ada yang hadir karena memang panitia tidak berkesempatan khusus untuk menginformasikan acara sebelum pelaksanaan. Salah satu Media massa lokal telah mendukung penuh acara hingga sasaran utama acara dapat tercapai.

Apa rencana sanggar origami kedepannya? Apakah ingin juga menggelar workshop diwilayah selain Bandung?
Untuk mengembangkan Visi Misinya tentu saja event-event akan terus dilaksanakan semaksimal mungkin bertahap dari pusat dimana Sanggar Origami Indonesia berkedudukan kemudian ke kota besar terdekat dan seterusnya hingga bisa menyeluruh paling tidak ke kota-kota provinsi di tanah air.
11. Dimana bisa mengontak sanggar origami?
Sekretariat/Galeri Sanggar-Origami Indonesia
Jl. Mars Dirgahayu 28 Rt 02/10, Awiligar, Bandung 40124
Telp. . 022-70840375 atau 0813-2259-0909 (mobile)
e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ,
http://www.sanggar-origami.com
 
Apakah ada saran bagi sahabat Fahima di Jepang yang ingin mempelajari origami?
Untuk yang serius ingin belajar origami temukan tempat untuk belajar Origami yang disana ada pengajarnya karena keberadaan guru itu perlu. Namun kesulitan menemukan guru jangan menjadi penghambat untuk mempelajari Origami karena melalui buku-buku yang tersedia ditoko bukupun Origami dapat dipelajari dengan mudah. Mulailah mempelajari dari buku untuk pemula atau dasar atau Origami Mudah, jangan ada istilah malu memulai dari yang paling mudah karena justru dari sanalah pembelajaran dimulai. Dengan mempelajari Origami dari tingkat kerumitan terendah, menengah dst sesungguhnya sedang merangkai kesempurnaan pemahaman terhadap Origami itu khususnya.
Wallohu a’lam

http://foldy.blogspot.com/

logo sjj  


Pengunjung

Hari ini30
Kemarin514
Minggu ini544
Bulan ini544
All303506

Currently are 33 guests and no members online