Program Belajar Jarak Jauh (BJJ)

Latar Belakang | Tujuan | Rekanan | Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) | Bahan Ajar/Buku Panduan | Mata Pelajaran | Evaluasi Belajar | Biaya | Kontak

Latar Belakang

Perbedaan sistem kurikulum sekolah di luar negeri, misalnya di Jepang, dengan dalam negeri (Indonesia) memicu kekhawatiran pada sebagian orang tua, terutama bagi mereka yang bertempat tinggal lama di luar negeri dan akan kembali ke tanah air. Kendala yang sering dihadapi adalah kesulitan dalam beradaptasi baik secara budaya, bahasa, maupun muatan materi pelajaran sekolah. Berawal dari pengalaman tersebut, para orang tua yang tergabung dalam organisasi FAHIMA (Forum Silaturrahim Muslimah Jepang) merintis program pembelajaran jarak jauh dengan nama Sekolah Jarak Jauh (SJJ) FAHIMA.

Pembelajaran dalam SJJ tersebut memfasilitasi anak-anak untuk belajar bersama dibimbing oleh seorang pengajar dengan mata pelajaran yang diajarkan merupakan mata pelajaran dasar sekolah di Indonesia. Dalam wadah ini, mereka bisa saling berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengenal secara umum gambaran beberapa mata pelajaran yang ada di Indonesia, dan belajar bersosialisasi karena program ini tidak dibatasi wilayah.

Untuk tahun ajaran 2013-2014, nama SJJ berubah menjadi Belajar Jarak Jauh (BJJ) FAHIMA agar tidak ada kesalahan pemahaman tentang status program ini. Belajar Jarak Jauh adalah wadah belajar pelengkap (non-formal) bagi sekolah formal yang diikuti peserta didik di negara masing-masing dan menggunakan media kelas online. Pada tahun ajaran baru ini, sistem lalu lintas file mulai diberlakukan melalui http://rumahfahima.org sehingga setiap pengunggahan (upload) atau pengunduhan (download) materi belajar menggunakan direktori-direktori yang tersedia pada situs FAHIMA.

Kembali ke atas

Tujuan BJJ

Ada pun tujuan mendasar dari program Belajar Jarak Jauh ini adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan wadah belajar non-formal bagi anak-anak Indonesia yang tinggal sementara di luar negeri agar beberapa pelajaran sekolah Indonesia yang tidak diajarkan di sekolah formal tetap dapat dipelajari. Mata pelajaran yang dipelajari serta Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan mengalami penyesuaian kurikulum, metode belajar, serta metode penilaian/evaluasi hasil belajar.
  2. Memberikan kemudahan kepada para orang tua peserta didik untuk membimbing putra/i nya dalam mempelajari beberapa mata pelajaran sekolah Indonesia di rumah
  3. Membantu proses adaptasi anak-anak saat kembali bersekolah di tanah air terkait psikologis terhadap muatan materi dari beberapa mata pelajaran yang akan ia dapatkan

Kembali ke atas

Rekanan Program BJJ

Lembaga rekanan BJJ FAHIMA dalam menyelenggarakan KBM adalah Sinar Cendekia Distance Learning (SCDL) yang merupakan salah satu unit pengelola pendidikan nonformal dari Yayasan Sinar Muslim Sejati Indonesia (SMSI). Yayasan SMSI adalah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan agama. Yayasan SMSI ini berdiri pada tanggal 2 November 2010 di BSD, Serpong, Tangerang Selatan dengan nomor akte pendirian 01 dan sudah terdaftar resmi di Kementerian Hukum Indonesia.

Kembali ke atas

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara teknis dilaksanakan dalam 1 minggu 3-4 kali pertemuan sesuai dengan jadwal pelajaran yang sudah ditentukan dan kalender akademik yang disesuaikan dengan kalender akademik Diknas RI. Adapun media yang digunakan dalam KBM ini adalah program WizIQ (http://www.wiziq.com/) dan Skype (http://www.skype.com/). Dalam penggunaan media WizIQ dan Skype, akan diberikan pembekalan baik kepada peserta didik, guru, dan wali kelas oleh BJJ Fahima sebagai lembaga yang memiliki wewenang dan kompetensi dalam hal tersebut.

Ketersediaan perlengkapan komputer tersebut menjadi syarat mutlak dalam proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, para orangtua yang mendaftarkan anaknya dalam program ini diwajibkan memiliki perlengkapan tersebut dan dapat difungsikan dengan baik setiap waktu pertemuan belajar.

Kembali ke atas

Bahan Ajar/Buku Panduan

  1. Buku panduan yang digunakan adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang dikeluarkan oleh Kemendiknas RI dan dapat diakses/diunduh pada link berikut: http://bse.kemdiknas.go.id
  2. Buku-buku cetak yang muatannya disesuaikan dengan kurikulum yang ada di Indonesia (kurikulum Diknas). Buku-buku ini akan menjadi tambahan sumber bahan ajar guru. Bila bahan tersebut tidak ada dalam BSE, maka akan diinformasikan pada peserta didik saat belajar.
  3. Untuk memperluas wawasan, peserta didik dipersilakan memiliki buku-buku lainnya

Kembali ke atas

Mata Pelajaran

Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) BJJ FAHIMA adalah sebagai berikut:

  • Kelas 1-3: 1 jam per-pertemuan dengan 3 kali tatap muka/minggu
  • Kelas 4-6: 1 jam per-pertemuan dengan 4 kali tatap muka/minggu

Mata Pelajaran

  • Kelas 1 : Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
  • Kelas 2 : Matematika, Bahasa Indonesia, PAI, dan PKn
  • Kelas 3 : Matematika, Bahasa Indonesia, PAI, dan PKn
  • Kelas 4 : Matematika, Bahasa Indonesia, PAI, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Kelas 5 : Matematika, Bahasa Indonesia, PAI, dan IPA
  • Kelas 6 : Matematika, Bahasa Indonesia, PAI, dan IPA

Kembali ke atas

Evaluasi Belajar dan Kejar Paket A (UN)

Evaluasi dari mata pelajaran yang disebutkan di atas akan dilaksanakan melalui ujian semester, sedangkan nilai peserta didik diambil dari presensi peserta didik, nilai tugas/pekerjaan rumah, ujian formatif, nilai harian, dan ujian semester. Akumulasi nilai tersebut akan diaplikasikan dalam bentuk laporan hasil belajar. Pemberian laporan hasil belajar akan diberikan setelah pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). 

Laporan hasil evaluasi belajar akan dikeluarkan oleh Unit Sinar Cendekia Distance Learning (SCDL) yang berada di bawah yayasan resmi Sinar Muslim Sejati Indonesia (SMSI). Lembar evaluasi ini tidak dapat diubah menjadi raport resmi berlegitimasikan Diknas.

Untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN), BJJ FAHIMA saat ini hanya bisa menyelenggarakan Ujian Paket. Teknis dan persyaratan terlampir pada bagian lampiran Tata Laksana dan Tata Tertib Program yang dapat diunduh oleh peserta didik.

Kembali ke atas

Biaya

Biaya pendaftaran dikenakan untuk setiap peserta baru BJJ FAHIMA sebesar 1000 yen. Jatuh tempo pembayaran bagi para peserta yang berdomisili di Jepang adalah 30 Juni, sedangkan bagi peserta yang berdomisili di luar Jepang, biaya dapat dibayarkan sekaligus pada saat pembayaran iuran bulanan triwulan pertama (30 September).

Besar iuran bulanan peserta didik terbagi dalam beberapa kategori sebagai berikut (klik untuk memperbesar):

BJJ FAHIMA SPP

Kembali ke atas

Kontak

BJJ FAHIMA: informasi[at]bjj[dot]fahima[dot]org ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )
\n This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )-->

Kembali ke atas

logo sjj  


Pengunjung

Hari ini111
Kemarin152
Minggu ini465
Bulan ini9305
All287631

Currently are 31 guests and no members online