Pendidikan

Persiapan Ramadan di Negeri Doraemon

Penulis: Para Staf Bidang PPA

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

(QS. Al Baqarah 2:183-185)

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan, yang tentunya kita sambut dengan gembira. Namun juga mungkin kita ada kekhawatiran melakukan ibadah shaum di negeri asing pada saat musim panas pula. Semakin bertambah kekhawatiran akan kesanggupan anak-anak kita. Karenanya sangat penting kita memulai persiapan menjelang bulan Ramadan yang tahun ini insyaAllah dimulai pada tanggal 9 Juli 2013.

Berikut beberapa ide persiapan menyambut bulan Ramadan dengan ceria dan gembira bersama anak-anak.

Sosialisasi Bulan Ramadan

Tujuan: mengenalkan/mengingatkan kembali pada anak akan keutamaan bulan Ramadan

Contoh aksi:

  1. Mengenalkan sistem kalender lunar Islam, nama-nama bulan dalam kalendar Islam, termasuk bulan Ramadan
  2. Membacakan buku-buku cerita Islam seputar Ramadan dan puasa
  3. Memutarkan CD/video cerita Islam seputar Ramadan

Nah, jika kita tidak memiliki buku yang berkaitan, manfaatkanlah fasilitas internet. Kita bisa mencarinya dengan bantuan Google untuk bahannya atau mencari video di YouTube, misalnya:

Mendekorasi Rumah

Tujuan: menciptakan atmosfer yang special menyambut Ramadan

Contoh aksi:

  1. Membersihkan rumah bersama-sama
  2. Menata ulang ruangan bersama anak agar mendukung aktivitas di bulan Ramadan
  3. Membuat prakarya hiasan dinding Ramadan
  4. Membuat kalendar Ramadan
prakarya ramadan anak 2
kalender ramadan anak
Semangat Beribadah

Tujuan: menyemangati anak untuk semangat beribadah

prakarya ramadan anakContoh aksi:

  1. Membuat tabel ibadah, sesuai kemampuan anak-anak, misalnya:
    • Lama berpuasa (jika belum bisa puasa penuh)
    • Salat lima waktu
    • Salat dhuha
    • Salat tarawih
    • Wudlu
    • Membaca Alquran
    • Hafalan surat Alquran dan doa
    • Infaq
  2. Membuat tabel daftar kebaikan sesuai kemampuan anak-anak, misalnya:
    • Membantu orang tua
    • Melipat baju sendiri
    • Membereskan mainan
    • Membantu masak
  3. Membuat perjanjian reward (penghargaan) ibadah, misalnya:
    • Reward piagam penghargaan
      Buatlah piagam penghargaan atas usaha keras anak untuk beribadah di bulan Ramadan. Tuliskan kalimat-kalimat pujian yang kongkrit, misalnya
      Zahra-chan yang hebat, omedetou gozaimasu!
      Zahra bisa berpuasa selama ___ hari di bulan Ramadan 2013”
      Jangan lupa untuk menuliskan kalimat penyemangat agar berusaha lebih baik di tahun berikutnya. Piagam ini bisa ditempel di kamar anak agar ia tersemangati untuk menjaga prestasi ibadah yang ia telah ia raih bulan Ramadan.
    • Reward hadiah
      Janjikan “hadiah besar”, misalnya barang yang selama ini dia inginkan, yang akan diberikan di akhir Ramadan sebagai apresiasi dan ungkapan rasa bangga kita atas kerja keras anak di bulan Ramadan
    • Reward makanan kesukaan
      Buatlah makanan kesukaan anak berdasarkan "daftar makanan kesukaan untuk bulan Ramadan" yang ia buat agar si kecil merasakan bahwa Ramadan ini istimewa karena tiap hari ada hadiah, yaitu makanan kesukaan yang kalau di bulan lain tidak bisa ia rasakan tiap hari
    • Reward uang
      Dalam hal ini kita bisa membuat membuat celengan Ramadan. Kita perlu berhati-hati saat memberikan reward uang ini dengan memahamkan bahwa ini adalah hadiah untuk sang anak menabung, untuk dikumpulkan sehingga bisa digunakan untuk hal yang dia inginkan. Anak seringkali merasa senang apalagi berhasil mengumpulkan jumlah uang tertentu dan dapat membeli barang yang sangat dia inginkan dari tabungannya. Yang perlu hati-hati adalah bagaimana menjaga niat anak. Jangan sampai sang anak bertujuan untuk mencari uang. Perolehan uang di sini perlu dibedakan dengan tujuan memperoleh uang sebagai imbalan dari suatu pekerjaan yang memang diniatkan untuk mencari uang.
Memangkas Kebiasaan Buruk, Mengarahkan ke Kebiasaan yang Lebih Baik

Tujuan: menjaga hati, membuat aklhak lebih baik, menjadi lebih dekat.

Contoh aksi:

  1. Membuat perjanjian tidak marah, tidak rewel
  2. Kalau mau minta tolong, diawali dengan “Tolong”
  3. Mengucapkan salam setiap bertemu dan berpisah
  4. Mengucapkan terima kasih

Untuk membantu mengingatkan anak bisa kita tempel pesan-pesan Ramadan ini di beberapa tempat yang sering dilihat anak, misalnya tulisan “Jangan lupa Salam ya” kita tempelkan di dekat pintu, atau tulisan “Hayo bulan Ramadan gak boleh bertengkar ya” dikamarnya.

Semangat untuk Sahur dan Buka Puasa

Tujuan: menyemangati anak untuk berpuasa

Contoh aksi:

  1. Membuat target puasa: Tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak dan bisa dibuat target jam puasa, dari mulai beberapa jam hingga sehari penuh
  2. Latihan puasa: Bisa mulai latihan menahan diri makan/minum beberapa jam di bulan Sya'ban ini
  3. Menyusun menu sahur dan buka puasa bersama anak: Mulai menciptakan suasana berbuka bersama di rumah
  4. Belanja kebutuhan Ramadan bersama anak
  5. Membuat tabel prestasi sahur dan buka untuk tiap anak dan menghiasnya
Penutup

Sesuaikan tips-tips di atas dengan kondisi dan situasi anak. Galilah dari ketertarikan dan minat anak sehingga semua itu dilakukan dengan penuh keceriaan dan kegembiraan. Buat target ringan yang sekiranya mampu dicapai oleh anak. Tentunya kita sebagai orang tua yang bisa mengerti kemampuan anak sendiri.

Referensi: Tim PPA dan pengalaman ibu-ibu di Nagoya, Jepang
Foto: Sylvia dan Rahma di Nagoya, Jepang

logo sjj  


Pengunjung

Hari ini145
Kemarin574
Minggu ini1841
Bulan ini9316
All312278

Currently are 33 guests and no members online