Yogurt

Berawal dari hasil menonton TV yang juga berbarengan dengan kondisi Aulia chan yang waktu itu sedang terkena diare, terus sembelit, dan saya berikan dia banyak yogurt. Jadi ingin menulis cerita tentang yogurt, yang selama ini sering mendengar bagus buat pencernaan, tapi tidak tau lebih dalam tentangnya. 

Sejarah
Konon sejarahnya, 2000 tahun yang lalu, pedagang dari Turki membawa susu dalam kantong usus domba sebagai bekal perjalanan. Karena terkena terik matahari dan dinginnya udara gurun lama-kelamaan susu berubah menjadi gumpalan padat. Rasanya pun berubah, menjadi asam tapi sangat menyegarkan. Yogurt dipakai di beberapa Negara Timur Tengah dan India. Wanita Persia biasa menggunakan yogurt ini untuk masker, coba saja. Yogurt mengandung bakteri asam laktat dari golongan Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus themophilus, dan Lactobacillus casei.. Baru sejak awal abad ke-19 manfaat yoghurt bisa dibuktikan secara ilmiah oleh Ilya Metchnikoff, seorang ilmuwan Rusia yang bekerja di Institut Pasteur, Paris. Metchnikoff mendapatkan bangsa Bulgaria yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi yoghurt (susu fermentasi) tetap sehat dalam usia lanjut. Sejak saat itu berbagai kajian mengenai manfaat susu fermentasi terus diteliti. Metchnikoff sendiri akhirnya diberi penghargaan Nobel dan sejak saat itu produk susu fermentasi terus dikembangkan.

Manfaat yogurt
Manfaat yogurt bagi tubuh :

  1. Yogurt lebih mudah didigest daripada susu
  2. Yogurt berkontribusi pada kesehatan usus
    1. Lactose intolerance
    2. Constipation
    3. Diarrhea
    4. Colon cancer
    5. Inflammatory bowel disease
    6. H. pylori infection
  3. Yogurt meningkatkan bioavailbility nutrient lain, meningkatkan absorpsi calcium dan vitamin B. Asam lakatat dalam yogurt membantu digestion kalsium susu dan membuatnya lebih mudah diabsorbsi.
  4. Yogurt bisa mem’boosting’ immunitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan yogurt merangsang sel putih yang melawan infeksi dalam pembuluh darah, bahkan ada penelitian binatang percobaan kalau yogurt mempunyai efek anti tumor. 
  5. Yogurt membantu penyembuhan infeksi usus
  6. Yogurt dapat menurunkan infeksi jamur à mencegah/menurunkan candida pada vagina
  7. Yogurt kaya akan kalsiumà mencegah osteporosis
  8. Yogurt adalah sumber protein yang bagus
  9. Yogurt dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi
  10. Yogurt dapat menjadi makanan pertumbuhan : membantu absorbs mineral pada anak


Jenis yogurt
Kalau kita lihat di rak supermarket, terbersit tidak pertanyaan, apa bedanya yogurt satu dengan yogurt yang lain ?

Ternyata perbedaannya adalah pada isinya.

  1. Yogurt Plain : tidak ada gulanya, bagus untuk yang diabetes. Biasa dipakai untuk masakan, misalnya kare, kue, dsb.
  2. Yogurt Fruit : mengandung gula karena ditambahkan buah2an ke dalamnya
  3. Yogurt Frozen : kaya akan mineral tapi tidak mempunyai bakteri hidup di dalamnya
  4. Yogurt Greek : lebih halus permukaannya, kaya akan protein, rendah gula dan lactose
  5. Ada juga low fat yogurt dan non fat yogurt, yang terbuat dari dari skim/non skim milk 


Pilih yang mana?
Ternyata tidak semua yogurt sesuai dengan tubuh kita. Bisa jadi yogurt jenis satu cocok dengan kita, tapi tidak cocok dengan orang lain atau sebaliknya, sudah minum yogurt tapi kok tidak ada bedanya.

Ciri-ciri yogurt cocok buat kita adalah :

  • Buang air besar lancar
  • Badan terasa ringan
  • Kulit terasa halus dan cerah
  • Tidak mudah lelah


Caranya untuk menguji apakah yogurt itu cocok dengan kita:

  1. Coba lah makan satu jenis yogurt dalam waktu 1- 2 minggu
  2. Rasakan bedanya, kalau ada perbedaan menjadi lebih baik, berarti yogurt itu pas buat kita, dan bisa dilanjutkan untuk kesehatan kita
  3. Kalau tida ada bedanya, silahkan coba jenis yogurt yang lain dengan trial yang sama seperti no 1. O ya satu minggu at least 3 kali minum yogurt. Hihiihihi kebayang deh berapa minggu yang kita habiskan untuk mencoba yogurt yang pas buat kita.. Eits ingat yang halal ya yogurtnya, tidak semua yogurt halal kan.


Pernah dengar Helycobacter Pylori? dan pernah dengar Yogurt jenis LG 2?
Bacteri Helycobacteria Pylori adalah jenis bakteri yang membuat inflamasi (gastritis) dalam perut sehingga kalau tidak dihilangkan akan menyebabkan kanker perut (lebih lanjut tanyakan dokter). Sedangkan LG 21 adalah singkatan dari Lactobacillus gasseri OLL2716 (LG 21 yogurt) yang berdasarkan penelitian di Jepang dapat membunuh Helycobacteri Pylori. Percaya atau tidak,silakan di browse sendiri penelitiannya Masayoki Uchida atau Toshiaki Shimizu.^0^.

Alhamdulillah susu di sini relatif bisa terjangkau harganya dan ternyata kita bisa membuat yogurt sendiri dalam waktu yang relatif cepat loh.
Begini caranya :

  1. Susu biasa atau susu UHT (kalau UHT, tidak perlu dimasak lagi nantinya). Susu dimasak sampai 85 derajat celcius (menggunakan termometer), dimasak sambil diaduk setiap saat agar susu tidak menggelembung. Susu didinginkan, sampai 43 derajat celcius, bisa menggunakan es, atau air dingin di bawahnya, sambil diaduk.
  2. Non fat dry milk. Tambahkan 1/2 cup non fat dry milk
  3. Starter (2 sendok yogurt yang sudah jadi, atau bakteri khusus yogurt, well susah nyarinya). Tambahkan dua sendok yogurt sambil diaduk-aduk rata (jika perlu pakai blender)
  4. Garam sedikit dan gula satu sendok. Taruh ditempat yang bisa ditutup dalam suhu ruangan 38 ºC. Setelah 7 jam, yogurt sudah mengental
  5. Jika yogurt sudah jadi, bisa dimasukkan dalam kulkas 1- 2 minggu sebelum dimakan.

logo sjj  


Pengunjung

Hari ini121
Kemarin605
Minggu ini1240
Bulan ini1240
All304202

Currently are 27 guests and no members online